BAB 4. Mad Lazim Harfi






Tujuan Pembelajaran
Melalui informasi ceramah, tanya jawab, diskusi dan demonstrasi diharapkan siswa dapat memahami bacaan mad lazim harfi yang terdapat dalam Al-Quran dan membaca mad lazim harfi dengan benar.
Pendalaman Materi
Mad harfi merupakan salah salah satu cabang mad yang dipelajari dalam ilmu tajwid. Dalam Al-Quran mad harfi terletak di awal-awak surah. Mad harfi terbagi menjadi dua, yaitu mad lazim harfi musaqqal dan mad lazim harfi mukhaffaf.
1. Mad Lazim Harfi Musaqqal
Menurut bahasa, mad artinya panjang, lazim artinya pasti, harfi artinya huruf dan musaqqal artinya berat. Adapun Lazim Harfi Musaqqal adalah adalah huruf -huruf pada permulaan surah yang berupa salah satu atau lebih dari huruf-huruf delapan, yaitu : ن,ق,ص,ع,س,ل,ك,م . Lama membacanya adalah tiga alif atau enam harakat. Cara membacanya sesudah mad terdapat suara huruf mati yang diidgamkan atau ditasydidkan.
2. Mad Lazim Harfi Mukhaffaf
Menurut bahasa, mad artinya panjang, lazim artinya pasti, harfi artinya huruf dan mukhaffaf artinya ringan. Adapun Mad Lazim Harfi Mukhaffaf adalah huruf -huruf pada permulaan surah yang berupa salah satu atau lebih dari huruf-huruf berikut, yaitu : ح,ي,ط,هـ,ر . Cara membacanya adalah diperpanjang satu alif atau dua harakat dan diringankan.

 

Load comments

0 Comments