BAB 3. Tanda Waqaf






Tujuan Pembelajaran
Melalui informasi ceramah, tanya jawab, diskusi dan demonstrasi diharapkan siswa dapat memahami pengertian waqaf yang terdapat dalam Al-Quran dan mewaqafkan bacaan dalam Al-Quran dengan cara yang benar.
Pendalaman Materi
Kalian telah mempelajari cara mewaqafkan bacaan di akhir ayat pada Pembelajaran terdahulu. Adapun Pembelajaran kali ini kita akan mempelajari tanda waqaf.
Waqaf artinya sebaiknya berhenti. Maksudnya, bacaan berhenti pada huruf yang ditandai waqaf. Tanda-tanda waqaf ada yang berupa huruf hijaiyah ataupun simbol-simbol tertentu.
1. Waqaf Lazim (م) 
Apabila pada ayat Al-Quran terdapat tanda waqaf di atas kata, bacaan harus dihentikan.
2. La Waqaf Fih/Mamnu’/’Adamil Waqfi (لا) 
Mamnu’ artinya terlarang, maksudnya apabila terdapat tanda waqaf لا pada bacaan Al-Quran, kita tidak boleh menghentikan bacaan. Bacaan harus disambung dengan kalimat berikutnya. Tetapi jika waqaf ini terdapat pada akhir ayat, kebanyakan ulama sepakat untuk menghentikan bacaan. Jika terpaksa berhenti pada tanda waqaf ini karena kehabisan nafas, atau bersin, hendaknya diulang dari kalimat sebelum tanda waqaf.
3. Waqaf Jaiz (ج) 
Jaiz artinya boleh, maksudnya apabila dalam ayat Al-Quran terdapat tnada waqaf , kita diperbolehkan untuk berhenti pada lafal tersebut atau melanjutkannya.
4. Waqaf Al-Waslu Aula  (صلى) 
Waqaf Al-Waslu Aula artinya bersambung lebih utama. Maksudnya, apabila pada ayat Al-Quran terdapat waqaf صلى di atas kata, boleh berhenti, tetapi lebih baik diteruskan.
5. Waqaf Al-Waqfu Aula (قلى) 
Waqaf Al-Waqfu Aula berarti berhenti lebih utama. Maksudnya, apabila dalam suatu ayat Al-Quran terdapat tanda waqaf قلى  lebih baik berhenti meskipun nafas masih kuat, tetapi dilanjutkan pun boleh.
6. Waqaf mu’anaqah)   ∴.......∴(
Apabila dalam suatu ayat Al-Quran terdapat tanda waqaf ∴.......∴, cara membacanya berhenti pada salah satu lafal yang terdapat pada titik. Apabila sudah berhenti pada tanda waqaf yang pertama, tidak boleh berhenti pada waqaf yang kedua. Apabila belum berhenti pada lafal yang pertama, sebaiknya berhenti pada lafal yang kedua.
7. Waqaf saktah  (س) 
Waqaf saktah  (س)  berarti berhenti sejenak tanpa bernafas. Jadi, apabila kamu menemui tanda waqaf ini, maka kamu harus berhenti sejenak sehingga memutus bacaan tetapi tidak diperbolehkan bernafas.
Di dalam Al-Quran, saktah hanya terdapat pada 4 tempat, yaitu :
a. Surah Al-Mutaffifin ayat 14
b. Surah Al-Qiyamah ayat 27
c. Surah Yasin ayat 52
d. Surah Al-Kahfi ayat 1
8. Waqaf mutlaq (ط) 
Tanda waqaf ini berarti lebih baik berhenti. Jadi, apabila kamu menemukan tanda waqaf ini, maka kamu lebih baik berhenti.
9. Waqaf mujawaz  (ز) 
Tanda waqaf ini berarti diutamakan terus. Untuk tanda waqaf mujawaz ini kamu dianjurkan untuk melanjutkan bacaan.
10. Waqaf muraqas (ص) 
Tanda waqaf ini berarti tidak berhenti. Selama tidak menemukan alasan untuk berhenti, maka kamu meneruskan bacaan.
11. Waqaf khatalik (ك) 
Tanda waqaf ini berarti sama dengan waqaf sebelumnya. Jadi, apabila kamu menemukan tanda waqaf ini, maka kamu harus menyamakan dengan tanda waqaf sebelumnya.
12. Waqaf qif (قيف) 
Tanda waqaf ini berarti lebih utama berhenti. Tanda ini biasanya muncul pada kalimat yang biasanya pembaca meneruskan membacanya tanpa berhenti.
13. Waqaf waqfah (وقفه) 
Tanda waqaf waqfah ini sama dengan waqaf saktah yaitu berhenti tanpa nafas. Tetapi waqaf waqfah ini berhenti sedikit lebih lama dari waqah saktah.

Load comments

0 Comments